Tips : How To Choose the Right Sunscreen

Pernah ga sih kalian mikir kayak gini?

‘ah, tenang aja mau keluar panas- panasan juga santai kan udah pake sunscreen’

bener ga sih kalau kita udah pakai sunscreen kita bisa bebas aktivitas di luar ruangan kena terik matahari karena sudah 100% terlindungi dari UV A / UV B?



Nah, di postingan aku yang sekarang aku mau ngebahas tentang how to choose the right SPF for our skin! Karena ternyata menggunakan SPF yang tinggi juga belum tentu melindungi kulit secara maksimal loh.

First, let me tell ya about apa sih UV A dan UV B itu?

UV A dan UV B ini adalah radiasi sinar ultra violet yang dipancarkan oleh penyinaran matahari ke bumi. Untuk UV A sendiri adalah sinar UV yang paling banyak terpapar ke kulit tubuh kita (sebanyak 95%) sedangkan untuk UV B intensitas paparannya bergantung pada tempat dan waktu. Untuk waktunya dari jam 10 – 12 siang merupakan waktu dengan intensitas UV B tertinggi oleh karena itu kita disarankan menggunakan sunscreen jika ingin beraktifitas di luar ruangan pada jam tesebut (credit to www.sehatbugar.com)

The effect of UV A / UV b

and next question is, apa sih bahaya nya kalau kulit kita sering terpapar sinar UV A / UV B?

Berdasarkan artikel yang aku baca di www.sehatbugar.com dan di beberapa artikel kecantikan dan kesehatan lainnya, ternyata kalau kita sering terpapar UV A dan UV B bisa menimbulkan beberapa dampak negatif untuk kulit dan tubuh kita, seperti kanker kulit, pengerutan kulit, sunburn dan sebagainya.

Terus gimana dong biar bisa mendapatkan perlindungan yang tepat dari sinar UV?

Well guys, sekarang produk moisturizer yang mengandung SPF banyak banget, begitu juga produk perlindungan terhadap sinar UV banyak banget jenisnuya. Mulai dari SPF 15 sampai SPF 50 (atau mungkin masih ada yang lebih tinggi lagi? Haha) bingung ga sih kalau harus memilih sunscreen? Mau yang 15, 30 apa 50? (udah kayak nawar harga di pasar lol) mungkin beberapa dari kalian ada yang punya mindset

“ah, pilih aja yang paling tinggi SPF nya, pasti paling maksimal perlindungannya”

is it right?

Ternyata pemikiran kayak gitu salah loh guys. SPF tinggi bukan berarti kita bisa bebas dari paparan UV 100%

terus harus gimana dong memilih SPF yang benar biar dapat perlindungan yang tepat?

Berdasarkan artikel yang aku baca di beautynesia.id ternyata ada beberapa tips untuk bisa memilih kadar SPF yang tepat. Dan ini dia beberapa tipsnya

Berdasarkan skin tone

SPF yang dibutuhkan untuk tiap skin tone itu berbeda-beda, Semakin terang warna kulit kamu kadar SPF yang kamu butuhkan akan semakin besar, dan semakin gelap warna kulit kamu kadar SPF yang kamu butuhkan akan semakin kecil (lihat chart di bawah).

Skintone and spf chart


Berdasarkan jenis kulit (dry atau oily)

Dry skin :
kamu bisa menggunakan sunscreen yang mengandung aloe vera dan moisturizer lainnya, karena seperti yang kita sudah tau kalau aloee vera sendiri punya kemampuan untuk menghidrasi kulit dengan baik.

Oily skin :
nah buat kamu yang tipe kulitnya oily atau acne-prone kamu bisa memilih sunscreen yang non-comedogenic biasanya label ini tertulis di kemasan. Atau bisa juga menggunakan sunscreen yang mengandung avobenzon, atau oxybenzone. Kedua kandungan tadi kurang lebih memiliki kemampuan untuk meminimalisir penyerapan sinar UV.

And that’s all, semoga kita semua jadi bisa lebih tau how to choose the right sunscreen untuk perlindungan maksimum dari paparan sinar UV ya!



0 komentar:

Posting Komentar