It's all about primer! : jenis-jenis primer, fungsi dan rekomendasi primer sesuai kebutuhan kulit

Primer,

pasti kalian sering denger dong, apalagi buat yang suka makeupan.
Tapi kalo buat kalian yang jarang pake makeup sering juga ga sih denger kata 'primer' ini?

Banyak orang yang masih belum paham keharusan penggunaan primer ini sebelum makeup, banyak juga yang sudah tau keharusannya tapi masih bingung untuk memilih primer mana yang tepat untuk  digunakan. 

Mostly, primer berbahan dasar polimer silikon, seperti contohnya dimethicone. Dimethicone ini biasanya digunakan karena dapat memberikan smoothing effect. Tetapi apabila kalian memiliki alergi terhadap bahan kimia tertentu, ada baiknya kalian melakukan tes sebelum menggunakan primer yang memiliki kandungan dimethicone ini, karena pada beberapa pemilik kulit sensitif, primer berbahan dasar dimethicone dapat menyebabkan alergi (from Huffpost style and beauty).

Jadi, primer itu apa sih?



Primer adalah suatu base yang wajib kalian pakai sebelum makeup. Biasanya kegunaan utamanya untuk membuat wajah kalian terlihat lebih smooth karena beberapa primer dapat menyamarkan garis halus dan mengisi pori-pori sehingga dapat membuat tampilan wajah kalian terlihat lebih flawless saat memakai makeup. dan membuat makeup kalian lebih longlast. Urutan penggunaannya adalah menggunakan primer terlebih dahulu sebelum foundation. Kalau kalian menggunakan serum wajah berarti urutan penggunaannya menjadi serum-primer-foundation.

Nah, setelah tau pengertian dan kegunaan dari primer diatas, sekarang aku mau bahas tentang jenis-jenis primer, karena primer, walaupun secara umum kegunaannya hampir sama tapi ternyata primer juga ada klasifikasi kegunaan khususnya loh! Biar kalian ga bingung dan ga salah pilih saat mau beli primer, berdasarkan dari artikel yang ada di Beauty Journal, dibawah ini bakal aku jelasin seputar jenis-jenis primer.

1. Blurring/Pore minimizer

primer jenis ini memiliki kegunaan spesifik untuk menyamarkan pori-pori . Pada umumnya primer jenis ini berbahan dasar polimer silokon yang akan berfungsi sebagai bahan 'pengisi' pori-pori, termasuk wrinkle yang ada di permukaan kulit.

Contoh primer :
- Maybelline baby skin instant pore eraser
- Nyx pore filler
- Benefit Porefessional
- Smashbox Photo Finish Pore Minimizing Foundation Primer
- Cover FX blurring primer
- LA Girl HD pro primer

2. Color correcting primer

color correcting primer ini fungsi utamanya adalah mengoreksi warna kulit. Untuk kalian yang memiliki redness skin problem, atau uneven skin tone (warna kulit tidak rata) kalian dapat menggunakan primer jenis ini sebelum kalian menggunakan foundation. Prinsip dari color correcting primer ini adalah 'menghapuskan' warna yang berlawanan, seperti contoh warna hijau akan menyamarkan redness akibat jerawat, warna pink atau ungu akan menyamarkan linkaran hitam di bawah mata.

Contoh primer :
- Makeover Corective Base Makeup
- M.A.C prep + prime cc colour correcting SPF 30 in neutralize
- Nyx color correcting liquid primer
- Clinique super primer

3. Mattifying

kamu pemilik kulit berminyak? Sering bete karena makeup kamu ga tahan seharian? Then, you must to choose this type of primer! Karena primer jenis ini selain bisa untuk menyamarkan pori-pori juga bisa untuk mengurangi kilap dan menahan kelebihan minyak yang ada di wajah kamu.

Contoh primer :
- Innisfree no sebum blur primer
- The body shop instamate mattifying primer
- Make up for ever mattifying primer shine control primer
- Benefit the porefessional matte rescue face gel
- Becca Ever Matte poreless priming perfector
- Rimmel london stay matte

4. Illuminating Primer

buat kalian yang suka banget sama tampilan dewy or glowy makeup look, kalian bisa memakai primer jenis ini terlebih dahulu sebelum menggunakan foundation. Primer dengan jenis illuminating ini akan mambuat makeup kalian terlihat lebih dewy finish.

Contoh primer :

- Estee Lauder Illuminating Perfecting Primer
- Flormar illuminating primer makeup base
- Nyx born to glow illuminating primer
- Cover FX illuminating primer
- E.L.F illuminating face primer.

5. Hydrating Primer

kamu pemilik kulit kering? Seringkali pemilik kulit kering akan mengalami makeup yang crack karena kulit yang kurang terhidrasi. Nah, apabila kamu salah satu yang memiliki tipe kulit kering seperti ini, maka disarankan kamu menggunakan hydrating primer sebelum makeup untuk menjaga kelembaban wajah dan juga membuat tampilan wajah lebih smooth.

Contoh primer : 

- Too Face Hangover Replenishing Face Primer
- Kat Von D Beauty Lock-it Hydrating Primer
- Glossier Priming Moisturizer
- E.L.F Hydrating Face Primer

aku pribadi pernah menggunakan primer jenis pore minimizing primer (LA Girl HD pro prep prime) , color correcting primer (Makeover corrective base) dan Mattifying primer (Rimmel london stay matte dan The Benefit Porefessional Pear Primer)
dari ke empat brand diatas semuanya memiliki kualitas yang baik dalam menjaga ketahanan makeup, karena sudah aku buktikan setiap makeup ke klien aku selalu menggunakan ke empat jenis  primer di atas, dan hasilnya makeupnya selalu tahan 8-12 jam baik untuk yang kulit berminyak ataupun yang kulit kering.

Primer The Benefit Porefessional Pearl sendiri aku baru mencobanya beberapa waktu terakhir ini. Overall kegunanannya sesuai dengan claimnya yang katanya dapat membuat wajah terlihat lebih cerah. Selain itu The Benefit Porefessional ini juga dapat menyamarkan pori-pori dan cukup baik dalam menahan minyak. Aku sempat gunakan primer ini untuk makeup pada saat klien prewedding aku kemarin, makeup klien ku terlihat lebih cerah dan tetap flawless seharian padahal sudah terkena panas dan keringat karena memang sesi foto dilakukan di outdoor.

Tekstur dari The Benefit Porefessional pearl ini agak powdery karena memang memiliki fungsi pore minimizing juga, dan berwarna pink pucat tapi setelah diaplikasikan ke wajah akan membaur dengan warna kulit.
From 0-10 im gonna give 8 untuk kualitas dari The Benefit Porefessional Pearl Primer ini.


If you want to buy this primer, harga full size nya sendiri memang agak pricy (Rp480.000) but, you can buy it mini size seharga Rp180.000 di Sociolla.

And, the good news is kalau kalian tetap ingin membeli full size nya kalian bisa gunakan voucher code dari aku SBNLAC33
dan kalian akan mendapatkan potongan harga sebesar Rp50.000 untuk minimal purchase Rp250.000

Well, that's all about the primer! See you on my next post!

0 komentar:

Posting Komentar