Product Review : Sakura Collagen Anti AGE's Cream Yay or Nay?

kalian sadar ga sih kalu misalnya banyak faktor yang bisa mengakibatkan penuaan dini? dan salah satu faktornya adalah hasil akumulasi dari AGE (advanced glyco end products) di dalam tubuh.
apa sih AGE itu?

AGE adalah zat yang terbentuk karena adanya kelebihan gula dan protein yang saling berikatan, dapat berasal dari makanan yang kita makan (salah satunya olahan makanan yang berkaramel) dan produksi internal dari dalam tubuh. AGE juga dapat diproduksi sendiri oleh tubuh melalui jalur metabolik yang dimulai dari Hyperglikemua (kondisi gula berlebih dalam darah) dimana glukosa dapat bereaksi dengan asam amino bebas dan membentuk AGE. proses pembentukan AGE sendiri dapat dipicu oleh beberapa faktor seperti : stress, kurang tidur, gaya hidup yang tidak baik dan paparan sinar matahari yang berlebihan. Beberapa penyakit yang dapat ditimbulkan oleh adanya AGE adalah kanker, alzheimer, penyakit jantung, diabetes, aterosklerosis, gangguan ginjal dan bahkan masalah kulit, karena AGE sendiri juga dikenal sebagai salah satu faktor pemicu beberapa masalah kulit termasuk penuaan dini karena molekul AGE ini dapat merusak kolagen dan elastin dalam tubuh.

bagaimana cara merawat kulit agar dapat mengurangi dampak buruk dari akumulasi AGE?

salah satu yang dapat dilakukan adalah dengan mempertahankan pola hidup yang sehat dan juga menggunakan produk perawatan yang dapat memicu produksi collagen dengan lebih cepat, salah satunya adalah produk dari Sakura Collagen Anti AGE's Cream. produk ini di claim dapat mengurangi dampak negatif dari AGE dan dapat mengurangi tanda-tanda penuaan dini dalam waktu 56 hari dengan pemakaian teratur. Sakura Collagen ini adalah skin care yang di produksi oleh PT Meiji dan dibandrol seharga Rp400k untuk value size.

and, luckily! i got this product for free! jadi aku memang kemarin sempat bekerja sama dengan @warungblogger dan @sakura_collagen_id untuk membuat review produk yang mereka kirimkan.




My impression :

1. Packaging
begitu paket sampai di depan pintu rumah aku merasa excited banget karena memang paketnya cantik banget! packagingnya di dalam box berwarna putih yang bertuliskan 'Sakura Collagen' kemudian saat box dibuka di dalamnya terdapat produk sakura collagen yang dikemas dalam wadah plastik  dengan tutup berwarna silver, dan juga terdapat brosur produk di dalamnya.




2. Texture
untuk teksturnya berbentuk cream sangat mudah di apply ke kulit, terasa sangat moist, cepat meresap dan tidak greasy. lebih baik digunakan tipis-tipis saja karena creamnya cukup lumayan thick teksturnya dan aromanya seperti handbody kalau menurut aku. setelah tiga minggu aku menggunakan produk ini, aku merasa kulit wajah aku menjadi lebih lembab dan kenyal, selain itu produk ini juga mengurangi bruntusan yang ada di wajah aku (kemarin aku sempat bruntusan dan setelah aku pakai produk ini bruntusannya berkurang) 

3. Ingredients

Aqua, Isopropyl Palmitate, Glycerin, Isodecane, Hydrogenated Tetradecenyl/Methylpentadecene, Behenyl Alcohol, Propylen Glycol, Triethylhexanoin, Polyglyceryl-10 Pentastearate, Sodium Stearoyl Lactylate, Polyacrylamide, C13-14 Isoparaffin, Lureth-7, Collagen, Prunus Serrulata Flower Extract, Panthenol, Phenoxyethanol, Chlorphenesin, Fragrance, Triethanolamine, Sodium Hyaluronate, Tocopheryl Acetate, Disoium EDTA, Cl 45430.

dari beberapa kandungan diatas bisa disimpulkan bahwa produk ini kandungan utamanya adalah aqua (ada pada urutan pertama) kemudian memiliki beberapa kandungan yang berfungsi sebagai skin conditioning agent seperti extract Prunus serrulata (bunga sakura) dan Panthenol. kemudian terdapat juga kadungan hyaluronate yang berfungsi dalam menjaga kelembaban kulit, Tocopheryl acetate sebagai antioxidant dan sudah pasti terdapat kandungan Collagen untuk menjaga elastisitas kulit dan juga sebagai agen penghambat AGE 

sayangnya pada produk ini masih terdapat fragrance sehingga kemungkinan agak riskan apabila digunakan bagi mereka yang memiliki tipe kulit yang sensitif karena dapat memicu reaksi alergi atau iritasi kulit. selain itu terdapat kandungan Triethanolamine yang juga sebenarnya kurang baik digunakan, karena apabila digunakan dalam jangka waktu yang panjang dan terekspos oleh udara maka, Triethanolamine ini akan membentuk nitrosamine yang dapat menyumbat pori-pori dan menghasilkan komedo selain itu untuk beberapa kasus juga dapat menyebabkan ruam kulit dan bahkan bersifat karsinogenik. Menurut Food and Drug Administration (FDA atau Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat) dan Cosmetic Ingredient Review (CIR), dosis rendah TEA hanya aman digunakan dalam kosmetik untuk penggunaan yang tidak terus menerus dan harus disertai pembilasan di permukaan kulit. Dalam penggunaan dengan kontak kulit yang lama, kadar TEA tidak boleh lebih dari 5%.Penelitian oleh kedua lembaga tersebut juga memberi kesimpulan, meski digunakan dalam dosis rendah, penyerapan TEA melalui kulit secara terus menerus dapat berbahaya pula karena senyawa beracun akan terakumulasi menjadi dosis besar. Resiko yang ditimbulkan akibat penggunaan bahan ini adalah iritasi kulit, rambut dan mata serta peradangan. Uji klinis menunjukan bahwa dosis tinggi TEA dapat mengakibatkan kanker liver dan testikular pada hewan percobaan.

so, overall i'll give 6/10 this product great from packaging but not it ingredients, eventho there are also several good ingredients such collagen, Prunus serrulata extract etc, but Triethanolamine makes me feel a lil bit insecure kalau harus aku pakai terus dalam jangka waktu yang panjang :/ 


5 komentar:

  1. Waaa Thanks infonya saay , soal ingredients aku jadi tau 😍

    BalasHapus
  2. produk ini banyak yang review ya, aku jadi penasaran hahahaa

    BalasHapus
  3. Nice review :)
    Aku jadi terbantukan karena aku juga baru mau pakai cream ini di rumah :)

    BalasHapus
  4. Ini cocok buat semua jenis kulit gak ya?

    BalasHapus
  5. Hai ursula :) i think this product isn't suitable for any kind of skin type, especially yang punya kukit sensitif karena dia mengangung fragrance dan beberapa bahan yang gampang mengiritasi bagi mereka yang punya kulit sensitif hehe

    BalasHapus