Pengalaman Pasang Behel di FDC Bogor #FimaBracesJourney Part 1

Kali ini aku gamau cerita soal review skincare atau makeup haha tapi aku mau cerita tentang pengalaman aku memasang behel di FDC (Family Dental Clinic) Bogor. ohiya cerita pengalaman aku memasang behel ini akan aku bagi menjadi 2 part. untuk part pertama ini aku akan menjelaskan terlebih dahulu reason aku memakai behel dan beberapa hal yang aku lakukan sebelum aku resmi menggunakan behel.

Alasan akhirnya memutuskan menggunakan behel :

Sebenarnya mamaku udah sering banget nyuruh aku pakai behel, dari masih sma bahkan menurut cerita mama, dari jaman aku SD mama udah pernah mau nyuruh aku pasang behel, dan udah sampai tanya - tanya harga ke dokter gigi. cuma memang belum terlaksana, karena pertama waktu masih kecil kan aku masih gigi susu jadi kata dokternya nanti aja tunggu gigi susunya ganti semua sama gigi seri. alasan yang lain gajadi terlaksana adalah karena emang aku yang gamau pakai behel haha. abis aku ngerasa males aja kayaknya pakai-pakai behel kayak gitu lagipula aku pikir gigiku ga berantakan kok (sebenernya malah kalau diliat dari luar orang juga menilai gigi aku rapih - rapih aja)

terus kalau rapih giginya kenapa masang behel? apakah hanya untuk terlihat keren?

lol. ini semacam pertanyaan yang bikin aku suka pengen ketawa awalnya. which is, behel itu bukan sarana biar kamu terlihat keren. karena behel itu adalah bentuk perawatan medic untuk memperbaiki ketidaknormalan pada susunan gigi dan rahang kamu yang artinya kalau kamu pakai itu berarti kamu dalam kondisi yang 'tidak normal' lantas bagaimana bisa dinilai keren? haha

makanya aku pun gamau dulu pakai behel karena alasan tesebut. aku merasa susunan gigiku cukup normal dan fine - fine aja

sampai suatu saat karena keteledoran aku (pas aku masih smp) aku makan oreo sebelum tidur dan ga gosok gigi lagi sehabis itu. and you know what? dalam waktu semalam ternyata sisa oreo tersebut berubah menjadi karang gigi. aku juga bingung bisa secepat itu proses pembentukan karang giginya, tapi memang yang kuingat seperti itu kronologinya.

karang gigi yang tadinya hanya segaris, lama kelamaan membesar dan akhirnya membuat satu gigi grahamku kecolongan dan berlubang dari lubang kecil lama kelamaan lubangnya membesar dan terus membesar. aku pernah merasakan sakit gigi yang luar biasa dikarenakan lubang tersebut, sampai membuat aku lemas.

singkat cerita akhirnya gigi aku yang berlubang ini lama kelamaan keropos dan mahkotanya benar - benar hilang hanya tinggal tersisa akarnya. nah mau ga mau aku harus melakukan pencabutan gigi kedepannya karena rasanya ga nyaman, aku gabisa mengunyah makanan lagi dengan kedua sisi, selama 3 tahun aku hanya mengunyah makanan pada satu sisi rahang aja (rahang sebelah kanan)

dan hal tersebut berakibat pada berubahnya simetri wajah aku. rahang aku yang sebelah kanan tampak lebih besar dan lebih turun jika dibandingkan rahang sebelah kiri, yang berakibat pipi sebelah kanan ku terlihat lebih tembam daripada pipi sebelah kiri. oleh karena ini aku selama ini pasti selalu selfie dengan angle sebelah kiri.

aku berencana ke depannya gigi graham tersebut harus dicabut, tapi ga mungkin sekedar mencabut gigi graham saja tanpa treatment yang lain, karena dengan mencabut gigi graham saja berarti meninggalkan space dan itu bisa menyebabkan pergeseran gigi yang lain (dan ini real terjadi sama temenku, dia cabut gigi graham tanpa penambahan treatment yang lain, lama kelamaan giginya yang lain bergeser sampai bahkan ada yang berotasi)

kemudian ga sampai disitu, semakin aku dewasa aku semakin memperhatikan penampilanku setelah melihat beberapa fotoku yang sedang tertawa aku menyadari kalau gigi bagian atas ku agak sedikit 'maju' walaupun ga yang worst banget tapi keliatan kalau memang posisinya lebih maju dari kebanyakan gigi normal pada umumnya, hal ini kemungkinan disebabkan dulu waktu kecil aku suka banget mengisap jempol bahkan sampai aku SD kelas 4 baru berhenti mengisap jempol, ternyata itu memberi pengaruh terhadap susunan gigi ku.

setelah banyak pertimbangan akhirnya aku pun mulai mencari - cari informasi pemasangan behel yang bisa sesuai dengan budget yang aku punya.

akhirnya, ga sengaja aku bertemu dengan akun @FDC.dentalclinic di IG dan pas banget saat itu mereka sedang ada promo untuk pemasangan behel start from 1,2 juta untuk behel tipe metal braces. periodenya sampai dengan november 2018. sebenarnya di FDC ini memang sering banget ngadain promo behel, ga cuma behel sih tapi kayak bleaching, implan crown mereka juga suka ngadain promo. makanya kalau kalian minat melakukan perawatan gigi saran aku coba aja follow akunnya @FDC.dentalclinic biar tau updatetan promo mereka.

saat itu mereka sedang promo karena membuka outlet baru di Cibubur, jadi promo pasang behel metal braces atas bawah only 1,2jt  hanya berlaku untuk FDC Cibubur waktu itu.

singkat cerita akhirnya aku membuat appointment untuk melakukan konsul pertama di FDC Cibubur. ohiya, untuk konsul pertama ini free ya.

setelah melakukan konsul pertama aku merasa kurang srek untuk melanjutkan treatment di FDC Cibubur karena satu dan lain hal.

akhirnya aku memutuskan untuk mencari klinik FDC lain kebetulan karena beberapa temanku ada yang memasang behel di FDC Bogor akhirnya aku pun memutuskan untuk mencoba mengajukan perpindahan klinik dari FDC Cibubur ke FDC Bogor. kebetulan saat itu memang FDC sedang mengadakan promo juga yang berlaku di semua outlet dan periode promonya diperpanjang sampai dengan desember 2018



1st Impression di FDC Bogor.

Pertama kali aku datang ke FDC Bogor (@FDC.Bogor) itu udah baik, pertama karena lokasinya mudah ditemukan. FDC Bogor ini berlokasi di Indraprasta Bogor deket banget sama Taman Corat - Coret. kalau FDC Cibubur agak sulit mencarinya, terlebih plang nama outletnya juga ga dipajang di luar (mungkin karena waktu aku kesana mereka bener- bener baru buka). karena sebelumnya sudah melakukan appointment by whatsapp, aku datang sesuai dengan jadwalku jam 13.00pm. aku langsung disambut dengan mba-mba resepsionis yang cukup ramah, dan dipersilahkan menunggu di waiting room karena waktu itu aku datang kecepetan juga (aku dateng jam 12.30) waiting roomnya cozy banget sih menurut aku.

setelah 30 menit menunggu, namaku dipanggil. kemudian aku masuk ke ruangan praktik dokternya. saat itu aku ditangani oleh Drg. Aisyah. dokternya baik dan ramah banget, dan aku amat teramat sangat senang karena Drg. Aisyah menjelaskan dengan detail mengenai harga treatment, apa aja yang aku butuhkan untuk treatment dan bagaimana proses treatmentku kedepannya. apalagi untuk masalah budget dan harga Drg. Aisyah benar - benar menjelaskan dengan detail. Drg Aisyah juga menjelaskan macam - macam tipe behel dan kenapa yang ini harganya lebih mahal atau lebih murah, kenapa behel tipe ini lebih baik daripada yang satunya. semua dijelaskan dengan rinci tanpa aku harus bertanya terlebih dahulu. Dari situ kemudian aku langsung merasa srek untuk melanjutkan treatment di FDC Bogor. karena penjelasan sedetail itu yang tidak aku dapatkan di cabang FDC sebelumnya.


Behel tipe apa yang akhirnya aku ambil?

Sebelumnya aku memutuskan untuk memakai metal braces yang paling murah yang sedang promo yaitu 1,2jt mengingat budgetku juga ga begitu besar, paling mentok aku punya budget sampai dengan 2,5jt untuk pasang behel. Tapi setelah mendengar penjelasan dari Drg Aisyah akhirnya aku memutuskan untuk menggunakan behel tipe Clarity Metal Braces yang saat itu juga sedang promo dari harga 8jt diskon menjadi 4jt . kenapa akhirnya aku memilih behel yang lebih mahal? padahal kalau ditanya budget juga sebenernya ga nyampe 4jt budget buat pasang behelku. 



karena behel yang metal braces termurah itu merupakan buatan china, perbedaannya terletak pada plat bracketnya yang 'flat' sehingga tidak mengikuti lengkungan gigi, kedepannya lebih rentan buat copot-copot dan memakan waktu treatment yang lebih lama juga. kalau behel yang aku pilih adalah buatan USA bedanya pada plat bracketnya dia lebih cekung jadi lebih fit sama lengkungan gigi. aku pikir it's okay mahal di awal tapi ga ribet harus banyak ngeluarin biaya di kemudian hari buat sering - sering kontrol karena bracketnya sering copot.

tapi semuanya balik lagi ke budget kalian masing - masing ya. kalau memang cukup sampai budget yang buatan china aja it's okay kok toh sebenernya dia efektif - efektif aja sih buat treatment cuma makan waktu lebih lama aja dan kalian mungkin harus agak mau ribet ngeluarin tenaga dan uang saat dia sering copot kalian mondar - mandir ke dental kliniknya buat ganti bracket.

enaknya di FDC ini kalian bisa DP dulu di awal nanti pelunasannya bisa kalian bayar setelah pemasangan behel, nah DP nya ini berlaku sampai 3 bulan. jadi kalau misalkan budget kalian masih dirasa kurang buat ambil yang lebih bagus kalian masih bisa nabung dulu tuh buat nambahin, siapa tau kan akhirnya bisa ambil yang lebih bagus hehe.

setelah selesai konsul akupun langsung menyelesaikan administrasi lainnya di resepsionis, aku membayar DP terlebih dahulu sebesar Rp500k dan pemasangan behelku dijadwalkan pada tanggal 2 Februari 2019 (aku konsul akhir desember 2018, karena aku jadinya ambil yang 4jt jadi aku sengaja minta jadwal pasang yang lumayan jauh biar bisa nabung dulu nambahin budget hahaha)

nah, untuk yang part 1 aku cerita sampai sini dulu. untuk penjelasan lebih lanjut tentang benefit apa aja yang aku dapatkan dari paketnya, step - step sebelum hari H treatment sampai dengan hari H pemasangan nanti aku ceritain di #FimaBracesJourney Part 2 oke!



klik link dibawah ini buat baca Part 2 



0 komentar:

Posting Komentar